Rabu, 18 Mei 2011

EVALUASI PEMBELAJARAN

EVALUASI PEMBELAJARAN
 Menjodohkan (matching)



Item bentuk menjodohkan tepat sekali digunakan untuk mengukur kemampuan peserta ujian dalam memberikan informasi-informasi tentang fakta-fakta seperti tanggal terjadinya peristiwa asosiasi nama pengaran dengan judul karangannya.
a. Kebaikan dari matching adalah :
Mudah di periksa dan jawabannya obyektif
Menyusunnya lebih mudah dari pada bentuk piliah berganda
b. Kelemahan dari pada bentuk matching
Aspek kecakapan menjadi titik berat pengukuran ialah fakta, pengertian hampir tidak di perhatikan
Lasimnya lebih banyak mengukur kesanggupan menyusun fakta-fakta dari pada mengaplikasi prinsip-prinsip
Contohnya
Lajur kiri Lajur kanan
(stem item) (option resvon)
1.juli 1959 a. Dekrit Persiden
2.April 1955 b.KAA
3. 1962 c. Dwikora
4. 1964 d. Manipol
5. Desember 1961 e. Asian games
f. Trikora
g. Berdikari
c. Sistem pemberian skor atau nilai scoring bentuk Macthing ialah : setiap item yang benar di beri nilai 1. Menurut Drs.soebino, sentot soeslastyo M.ed dan Drs. Moegiadi .M.Ed.”misalnya jumlah options untuk setiap pertanyaan sama dengan empat(4), maka nilai maksimum setiap pertanyaan tersebut sama dengan empat juga .
Jika option 7, maka nilai maksimum idealnya adalah 7, artinya peserta yang dapat menjawab dengan betul akan memperoleh nilai 7.karena nilai maksimum ideal tidak di tentukan oleh banyaknya stem , melainkan option kosekuensinya yang logisn maka calong yang membuat salah akan memperoleh skor mentah 7-1 =6 dan sebagainya.mungkin inilah sebabnya sehingga Drs.soebino menulis : “ option revon ini idealnya berjumlah lebih besar daripada stem item, dimana kelebihan ini memang tidak dapat di jodohkan dengan stem item manapun dan di sebut distractor”
Hal ini dapat di mengerti sebab andai kata stem item 5 dan optional respon 10, maka calon ujian yang salah semua masih akan memperoleh nilai (skor) 10-5=5. Kejadian seperti ini adalah aneh, karena calon yang tidak tahu apa-apa mengenai masalah itu masih sempat mengantongi 5 angka.
Namun demikian menurut hemat penulis, bagi SD optional respon 3 lebih banyak daripada stem item 5 masih dapat dipertanggungjawabkan, asaikan system yang digunakan bukan Passing Grade Ideai.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons